FUNGSI DASAR RUMUS DASAR EXCEL SAAT TES KERJA



Halloo sobat tekhno, pada saat tes kerja banyak tahapan yang harus dilalui, jika anda melamar sebagai Finance & Accounting atau staf yang berhubungan dengan hitung-hitungan. Maka soal rumus excel akan menjadi materi untuk tes. 

Menjadi kendala bagi sebagian orang yang tidak mengerti rumus excel, untuk kesempatan kali ini admin akan membantu menjelaskan fungsi dasar rumus excel yang biasa keluar saat tes kerja.
Berikut ini adalah rumus-rumus yang sering muncul, fungsi  “SUM”,  Fungsi sum pada rumus excel adalah untuk menjumlahkan, fungsi “AVERAGE” adalah untuk menentukan nilai rata-rata sejumlah nilai, fungsi “MAX” adalah menentukan nilai  yang tertinggi, Fungsi “MIN” adalah untuk menentukan nilai yang terkecil. 

Berikut ini adalah contoh soal yang membutuhkan fungsi dasar yang admin sebutkan diatas.
 


Untuk menjawab soal diatas

1. Jumlah Nilai tes , maka rumus yang digunakan adalah “SUM”,  cara menggunakan rumusnya adalah =sum(D11:F11), Jumlahkan nilai membaca,menulis,menghitung.

Untuk Valentino rosi jawabannya 95+80+80=255, Maka 255 jawaban hasil rumus excel 255 berarti rumus anda benar. Untuk jawaban dibawahnya anda tidak perlu membuat rumus ulang, tinggal copy paste rumus anda maka hasilnya berikut


2. Nilai Rata-rata, Gunakan fungsi “AVERAGE”, caranya =average(D11:F11)

Hasilnya Valentino rosi harusnya 85, jika benar anda copy paste sampai kebawah


3. Nilai Tertinggi berdasarkan nilai rata-rata, anda gunakan rumus fungsi “MAX”
4. Nilai Terendah berdasarkan nilai rata-rata, anda gunakan rumus fungsi “MIN”


5. Rata-rata berdasarkan nilai rata-rata, anda gunakan rumus fungsi “AVERAGE”


6. Jumlah rata-rata berdasarkan nilai rata-rata, anda gunakam fungsi “SUM”


Jika jawaban anda sama pada gambar maka jawaban anda benar

Demikianlah penjelasan singkat mengenai fungsi dasar rumus excel, dilain kesempatan admin akan membahas kembali fungsi rumus lain pada excel . Semoga bermanfaat

Post a Comment for "FUNGSI DASAR RUMUS DASAR EXCEL SAAT TES KERJA"