FUNGSI DASAR RUMUS DASAR EXCEL SAAT TES KERJA
Halloo sobat tekhno, pada saat tes kerja banyak tahapan yang
harus dilalui, jika anda melamar sebagai Finance & Accounting atau staf
yang berhubungan dengan hitung-hitungan. Maka soal rumus excel akan menjadi
materi untuk tes.
Menjadi kendala bagi sebagian orang yang tidak mengerti rumus
excel, untuk kesempatan kali ini admin akan membantu menjelaskan fungsi dasar
rumus excel yang biasa keluar saat tes kerja.
Berikut ini adalah rumus-rumus yang sering muncul,
fungsi “SUM”, Fungsi sum pada rumus excel adalah untuk
menjumlahkan, fungsi “AVERAGE” adalah untuk menentukan nilai rata-rata sejumlah
nilai, fungsi “MAX” adalah menentukan nilai
yang tertinggi, Fungsi “MIN” adalah untuk menentukan nilai yang
terkecil.
Berikut ini adalah contoh soal yang membutuhkan fungsi dasar yang
admin sebutkan diatas.
Untuk menjawab soal diatas
1. Jumlah Nilai tes , maka rumus yang digunakan adalah “SUM”, cara menggunakan rumusnya adalah
=sum(D11:F11), Jumlahkan nilai membaca,menulis,menghitung.
Untuk Valentino rosi jawabannya 95+80+80=255, Maka 255
jawaban hasil rumus excel 255 berarti rumus anda benar. Untuk jawaban
dibawahnya anda tidak perlu membuat rumus ulang, tinggal copy paste rumus anda
maka hasilnya berikut
2. Nilai Rata-rata, Gunakan fungsi “AVERAGE”, caranya
=average(D11:F11)
Hasilnya Valentino rosi harusnya 85, jika benar anda copy
paste sampai kebawah
3. Nilai Tertinggi berdasarkan nilai rata-rata, anda gunakan
rumus fungsi “MAX”
4. Nilai Terendah berdasarkan nilai rata-rata, anda gunakan
rumus fungsi “MIN”
5. Rata-rata berdasarkan nilai rata-rata, anda gunakan rumus
fungsi “AVERAGE”
6. Jumlah rata-rata berdasarkan nilai rata-rata, anda
gunakam fungsi “SUM”
Jika jawaban anda sama pada gambar maka jawaban anda benar
Demikianlah penjelasan singkat mengenai fungsi dasar rumus
excel, dilain kesempatan admin akan membahas kembali fungsi rumus lain pada
excel . Semoga bermanfaat











Post a Comment for "FUNGSI DASAR RUMUS DASAR EXCEL SAAT TES KERJA"
Post a Comment